Wabah Covid-19 Menghambat Silaturahmi

SILATURAHMI merupakan kegiatan yang menjadi kebutuhan bagi pensiunan, berbeda dengan masa masih menjadi karyawan aktif, silaturahmi dimasa aktif terjadi dengan sendirinya sesuai dengan ketentuan kedisiplinan yang berlaku, setiap hari bertemu dengan karyawan dalam satu unit kerja, dilain kesempatan bertemu dengan karyawan dari unit lain, bertemu dengan atasan dan atau bawahan, baik dalam forum resmi maupun dalam forum tidak resmi.

Selaku pensiunan PT. Telkom kita patut bersyukur, organisasi P2TEL, Dapentel dan Yakestel telah menyediakan program-program yang dapat menjadi media bagi pensiunan untuk bersilaturahmi, namun dimasa pandemi covid-19 ini Silaturahmi bagi para pensiunan yang termasuk kelompok usia lanjut menjadi terhambat/ terkendala karena ada rasa kekhawatiran terpapar virus covid-19.

Amanah selaku pengurus di organisasi P2TEL, khususnya bagi kami pengurus P2TEL Cabang Depok mau tidak mau, suka tidak suka pelayanan terhadap anggota harus tetap berjalan dan dilaksanakan, tentunya didasari dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan juga ketentuan dari satgas covid-19, baik dari eksternal maupun dari internal (Yakes Telkom), utamanya adalah selalu dengan pembatasan-pembatasan sosial dan dengan menerapkan protokol Kesehatan dengan ketat.

Beberapa kegiatan silaturahmi yang masih tetap dilaksanakan dengan pembatasan :

Senam Klub Kesehatan

Kegiatan senam merupakan media silaturhami yang sangat bermanfaat, khususnya bagi para pensiunan, sebelum adanya wabah covid-19 P2TEL Cabang Depok melaksanakan kegiatan senam bersama di lapangan 1x seminggu setiap hari Rabu pagi mulai pukul 07.00 s/d 08.00 dihadiri oleh anggota dan keluarga antara 100 s/d 120 orang, namun sejak pertengahan bulan Maret 2020 kegiatan senam bersama di lapagan ini sudah tidak dapat dilaksanakan. Kami bersyukur Yakes Area Jakarta untuk menjaga kebugaran para pensiunan membuat program kegiatan senam virtual sejak triwulan-IV/ 2020 yang dapat diikuti oleh para pensiunan dan keluarga dari kediaman masing-masing, namun secara kualitas dan kuantitas dirasakan berbeda jika mengikuti kegiatan senam di lapangan.

Pelayanan Pengurusan Dana Kematian

Dimasa pandemi covid-19 memerlukan perubahan kebijakan yang terkait dengan pengurusan dana kematian, pada masa sebelum pandemi P2TEL Cabang Depok melalui Ketua Komisariat aktif bersilaturahmi ke rumah almarhum/ almarhumah untuk membantu pengurusan dana kematian dan melengkapi dokumen yang diperlukan, namun dimasa pendemi ini silaturahmi hanya dilakukan melalui media telepon dan dokumen bisa dikirim ke kantor Cabang melalui WA atau melalui Pos/ Jne dan sejenis atau dengan GoJek.
Untuk menyerahkan dana kematian kepada ahli waris sebelum masa pandemi diserahkan langsung kepada ahli waris di kantor cabang P2TEL Depok, namun dimasa pendemi ini penyerahan dana kematian dilakukan dengan transfer bank kepada ahli waris.

Pelayanan Data Ulang (DATUL)

P2TEL Cabang Depok dalam pelayanan pelaksanan Datul, sebelum masa pandemi untuk persiapan pelaksanaan selalu diawali dengan rapat persiapan yang dihadiri oleh seluruh Ketua Komisariat dan pengurus lainnya yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anggota dalam pelaksanaannya. Silaturahmi dilaksanakan dengan berbagai macam pilihan (WA, SMS, Telepon, Kunjugan dan pertemuan melalui kegiatan rutin komisariat), namun dimasa pandemi ini, persiapan pelaksanaan Datul oleh pengurus Cabang hanya dilakukan melalui rapat secara virtual (Zoom Meeting), dokumen dari Cabang dikirim kepada Ketua Komisariat melalui Pos, hasil silaturahmi ketua komisariat dengan anggota dikirim Kembali ke kantor cabang melalui WA atau Pos atau diantar langsung. Silaturahmi Ketua Komisariat hanya melalui media telepon, bila sangat terpaksa memerlukan kunjungan langsung maka harus menerapkan protocol Kesehatan dengan ketat.

Masih ada beberapa kegiatan silaturahmi yang terhambat dimasa pandemi covid-19 ini, seperti kegiatan : pertemuan arisan di beberapa komisariat, ta’ziah ke rumah duka bila ada anggota atau keluarga yang meninggal, kunjungan ke rumah sakit bila ada anggota atau keluarga yang di rawat di rumah sakit, dll.

Attachement : Foto Virtual Persiapan Datul Semester-1/2021

Depok,  29 Januari 2021
Kontributor, KPC Depok

 

ALI MARDI
NIK. 580795