P2Tel Tangerang Selatan : Gelar Survey Online Suara Anggota (SOSA) 2023

Kontributor : Suradi-Tangerang Selatan

Sinergitas tingkatkan kualitas pelayanan. Pelayanan menjadi key succes factor (faktor kunci keberhasilan) P2Tel Tangerang Selatan. Evaluasi terhadap layanan P2Tel Tangerang Selatan sebagai solusi untuk mewujudkan anggota yang sehat dan sejahtera menjadi dasar peningkatan kualitas pelayanan ke depan. Suara anggota P2Tel Tangerang Selatan menjadi pertimbangan utama untuk meningkatkan pelayanan sehingga penyelenggaraan Survey Online Suara Anggota (SOSA) 2023 menjadi alternatif solusinya.

Menggapai tujuan dalam kebersamaan. Berangkat dari kebutuhan dan semangat perbaikan secara bekelanjutan maka P2Tel Tangerang Selatan berinisiasi dan beraksi dengan semangat kebersamaan manfaatkan potensi melakukan survey online suara anggota P2Tel Tangerang Selatan 2023dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar tingkat kepuasan anggota terhadap layanan P2Tel Tangerang Selatan. Selain itu untuk mengetahui seberapa besar dimensi kualitas layanan P2Tel Tangerang Selatan dalam memuaskan anggota. Penting juga tujuan dari survey online ini adalah  untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kinerja P2Tel Tangerang Selatan berdasarkan lima dimensi kualitas layanan.

SerQual knowledge & experience base. Layaknya sebuah fungsi dan peran penelitian dan pengembangan maka survey online inipun menggunakan pendekatan atau metodologi dengan pendekatan SerQual (Service Quality Approach). Menurut tinjauan literasi dan referensi bahwa dimensi SerQual mencakup 5 dimensi yaitu Tangibility, Reliability, Responsiveness, Emphaty, dan Assurance. Adapun instrumen riset dalam survey online ini menggunakan kuisioner yang didesain mulai dari data responden, pertanyaan tertutup (multiple choice) dengan skala like1 s.d 5 dan pertanyaan terbuka untuk menjaring suara dan atau aspirasi anggota.

Metodologi 5 dimensi kualitas pelayanan (Parasuraman, Zeithaml & Berry 1997) meliputi :

  1. Tangible : semua hal yang terlihat oleh anggota P2Tel Tangsel antara lain fasilitas fisik (sarana dan prasarana), penampilan pengurus dalam memberikan pelayanan.
  2. Reliability : kemampuan untuk memnberikan pelayanan secara akurat dan menepati janji yang diberikan kepada anggota P2Tel Tangsel antara lain pelayanan pengurus sesuai dengan yang dijanjikan, keakuratan laporan P2Tel Tangsel dan keakuratan penggunaan teknologi informasi melalui media sosial.
  3. Responsiveness : kemauan pengurus P2Tel Tangsel untuk membantu anggota dan kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada anggota antara lain kemauan pengurus dalam membantu dan melayani, kecepatan dan ketepatan pengurus dalam membantu dan melayani.
  4. Assurance : pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat yang dapat dipercaya yang dimiliki pengurus P2Tel Tangsel antara lain keramahan dan kesopanan pengurus dalam membantu dan melayani, kemampuan dan pengetahuan pengurus dalam menciptakan rasa percaya dan aman.
  5. Emphaty : kemampuan untuk melayani anggota dengan penuh perhatian dan pengertian antara lain kemampuan pengurus dalam memahami kebutuhan anggota, kemampuan pengurus dalam memberikan pelayanan penuh perhatian dan pengertian.

Analisa Kuantitatif.  Dari hasil olah data SOSA 2023 ini telah dipresentasikan oleh Suradi selaku Sekretaris 1 pada RAKOR PC P2Tel Tangerang Selatan Triwulan III-2023 yang dipimpin langsung oleh KPC P2Tel Tangerang Selatan dan diperoleh data skor rata-rata 4.49 terhadap 5 dimensi kualitas pelayanan sehingga tingkat kepuasan hasil survey online suara anggota P2Tel Tangerang Selatan 2023 yang kedua ini sebesar 90%. Bila dibandingkan dengan SOSA 2022 yang pertama sebesar 88% sehingga ada kenaikan atau pertumbuhan positif sebesar 2%.

Analisa Kualitatif. Berdasarkan rekap pertanyaan terbuka dikelompokan dalam 3 aspek yaitu aspek people (memelihara dan meningkatkan silaturahim melalui binroh, arisan, rekreasi, komsat. Bantuan penggunaan teknologi informasi, Petugas distribusi kalender), tools (pembentukan koperasi, perbaikan area senam STO Serua, Web P2TEL Tangsel, Update info rumah sakit rujukan)  dan aspek process (berkaitan dengan kebijakan/aturan/ketentuan dan mekanisme atau tata cara kerja).

Surprise & value creation. Yang menjadi surprise dan value creation dalam pelaksanaan survey online kali ini adalah respon dari para responden yang merepresentasikan suara anggota P2Tel Tangerang Selatan mengungkapkan rasa syukur, ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pengurus P2Tel Tangerang Selatan yang tetap dan terus melakukan extra effort, berkreasi dan berinovasi melakukan survey online suara P2Tel Tangerang Selatan secara swakelola ini guna memotret diri untuk peningkatan kualitas pelayanan anggota yang semakin lebih baik lagi. Harapan kita  mari  pertahankan yang sudah baik, hadapi tantangan sebagai peluang perbaikan dan pengembangan,  bersama  berkarya untuk mewujudkan anggota yang sehat dan sejahtera.

SOSA 2023 siklus PDCA tahun kedua. Layaknya sebuah siklus Plan Do Check Action (PDCA) maka rangkaian kegiatan survey online ini dimulai dengan persiapan yang mencakup kegiatan pembentukan tim kecil, pembuatan kuisioner, penetapan kriteria responden, edukasi dan publikasi. Kemudian pelaksanaan meliputi sosialisasi interaktif, distribusi kuisioner, pengumpulan hasil isian kusioner dan edukasi. Setelahnya melakukan analisa, evaluasi dan pelaporan. Sebagai ikhtiar untuk tetap konsisten maka kegiatan ini merupakan SOSA kedua dan in syaa Allah dilanjutkan ke tahun berikutnya. Tiada hari tanpa perbaikan kualitas organisasi.

 

Tangerang Selatan kota yang asri, ada taman kota yang  menggoda dan mempesona.

Demikianlah survey online   ini,  bersama berkarya wujudkan anggota sehat dan sejahtera.

(Kiriman : Suradi-Tangerang Selatan)